Langsung ke konten utama

INPUT PADA KOMPUTER




INTPUT PADA KOMPUTER

Pengertian alat input pada komputer

alat input adalah perangkat masukan yang memberikan perintah langsung kepada perangkat output(keluaran) pada komputer untuk memberikan sebuah data atau informasi yang dibutuhkan oleh user. Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer beserta pengertiannya.
Macam-macam alat input pada komputer.
     1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat input(masukan) pada komputer yang berfungsi untuk memasukkan data  berupa huruf A s/d Z, angka 1 s/d 0 serta simbol-simbol tertentu seperti titik, koma, titik dua, tanda kutip dan lain sebagainya.
    2. Mouse

Mouse merupakan sebuah alat masukan(input) yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. alat ini sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.
    3. Scanner


Scanner merupakan alat input yang memiliki fungsi hampir sama seperti mesin fotocopy dengan prosesnya penggunaannya mencopy data objek lalu di pindahkan kedalam memori yang dapat dilihat hasilnya pada layar monitor.
  4. Joystick

Joystick merupakan alat masukan yang di gunakan untuk memasukkan perintah kepada pemain dalam sebuah permainan pada komputer
           5. WebCam

WebCam merupakan sebutan bagi kamera real time yang gambarnya bisa di akses melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang dapat memasukkan hasil data dan dibentuk dalam format digital.
  6. CD ROM / DVD ROM

CD ROM / DVD ROM merupakan perangkat masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program data media penyimpanan data CD / DVD.
7. Flashdisk

Flashdisk merupakan alat input (masukan) yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran tertentu.
8. CD (Compact Disk)

CD (Compact Disk) merupakan alat masukan yang digunakan untuk penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik dari bahan plastik.


9. TOUCHPAD
.
Touchpad merupakan salah satu teknologi input komputer yang umum dijumpa pada sebuah laptop aau komputer jinjing. Touchpad merupakan sebuah pad atau alas yag sensitive terhadap sentuhan, terutama sentuhan kulit, meskipun tidak se-sensitive layar touchscreen. Touchpad merupakan salah satu perangkat input standar di dalam laptop, notebook dan netbook.
Fungsi dari Touchpad :
Touchpad sendiri memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari touchpad :

  • Menggantikan fungsi dari sebuah mouse
  • Menggerakkan kursor
  • Melakukan seleksi terhadap objek
  • Melakukan pengeditan terhadap objek
  • Menampilkan menu pada sebuah file
  • Mengeksekusi sebuah file.
  1. Trackball
Trackball yang dimaksud disini adalah sebuah bola kecil yang berada pada mouse, yang terletak diantara tombol kiri dan juga kanan dari sebuah mouse. Trackball ini juga sering dikenal dengan nama scroll bar. Merupakan salah satu fitur standar yang dimiliki oleh sebuah mouse modern, yang sangat membantu mempermudah pekerjaan usernya di depan komputer.
Fungsi dari Trackball
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sebuah trackball di dalam mouse :
  • Melakukan scrolling pada sebuah halaman, baik halaman dokumen maupun halaman sebuah situs
  • Membuka tab baru, pada web browser
  • Menaikka dan juga menurunkan volme suara
  • Melakukan zoom in dan juga zoom out
  1. Light pen / Touch Pen
Light pen atau juga sering dikenal dengan touch pen atau stylus merupakan sebuah alat input yang berbentuk seperti pena. Dengan ujung khusus, yang sengaja di desain untuk sebuah komputer yang sifatnya touch screen.
Dengan menggunakan touch pen ini, anda tidak perlu menggunakan mouse untuk melakukan pengeditan. Touchpen biasa digunakan pada komputer komputer yang digunakan untuk kepentingan desain, dan juga kepentingan penelitian.
Fungsi dari touch pen
Touch pen sendiri memiliki beberapa fungsi yang penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari touch pen :
  • Melakukan seleksi terhadap objek
  • Membuat gambar atau objek tertentu di dalam program
  • Memindahkan objel
  • Menggantikan fungsi dari mouse pada layar touch screen
  • Menjaga agar layar touch screen tidak rusak apabila hanya menggunakan jari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGHITUNG RATA-RATA TINGGI BADAN 5 ORANG MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM C++

MENGHITUNG RATA-RATA TINGGI BADAN 5 ORANG MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM C++ Diblog kali ini saya akan menjelaskan cara menghitung program menggunakan DEV C++ (Volume Limas Segitiga). Baca juga Blog yang lainnya juga ya gengs. Makasih... A.  Cara menghitung menggunakan program DEV C++ (Menghitung Tinggi Badan) :  1.  Buka aplikasi Dev- C++, lalu masukkan program/rumus menghitung     "Tinggi Badan", yaitu:  #include <iostream> using namespace std; int main () {       fload t1, t2, t3, t4, t5, RataRata;       cout << "masukkan tinggi badan mahasiswa 1 =";       cin >> t1;       cout << "masukkan tinggi badan mahasiswa 2 =";       cin >> t2;      cout << "masukkan tinggi badan mahasiswa 3 =";       cin >> t3;       cout << "masukkan tinggi badan mahasiswa 4 =";       cin >> t4;      cout << "masukkan tinggi badan mahasiswa 5 =";  

Flowchart Volume Kubus dan Balok

 VOLUME KUBUS & BALOK Algoritma Kubus : Dengan menggunakan fungsi, maka program akan terdiri dari modul-modul berupa fungsi dimana setiap modul mengerjakan tugas masing-masing. Dengan demikian, maka algoritmanya adalah sebagai berikut : 1. Mulai 2. Buat Modul Mencari Volume Kubus 3. Buat Modul Input Data Volume Kubus 4. Buat Modul Input sisi 5. Buat Modul Nilai Volume Kubus 6. Selesai 1. flowchart Mencari Volume Kubus  Algoritma Balok : Dengan menggunakan fungsi, maka program akan terdiri dari modul-modul berupa fungsi dimana setiap modul mengerjakan tugas masing-masing. Dengan demikian, maka algoritmanya adalah sebagai berikut : 1. Mulai 2. Buat Modul Mencari Volume Balok 3. Buat Modul Input Data Volume balok 4. Buat Modul Input Panjang 5. Buat Modul Input Lebar 6. Buat Modul Input Tinggi 5. Buat Modul Nilai Volume Balok 6. Selesai  2. Flowchart Mencari Volume Balok 

Cara Membuat Program Bilangan Ganjil, Genap, Positif, Negatif dan Nol Dengan Program Komputer Dev-C++

Cara Membuat Program Bilangan Ganjil, Genap, Positif, Negatif dan Nol Dengan Program Komputer Dev-C++    A. Cara Membuat Program Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap.   1. Buka Aplikasi Dev-C++.   2. masukkan  program/rumus pemograman “Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap”, yaitu: #include <iostream> using namespace std;   int main() { int nilai;   cout << “masukkan nilai = “; cin >> nilai;   if (nilai%2 == 0){ cout << “Bilangan Genap”; } else { cout << “Bilangan Ganjil”;} return 0;   }   3. Lalu tekan “F11” untuk memulai program. Dan muncul kotak untuk menentukan bilangan ganjil     dan genap.   4. Lalu ketik angka yang Anda ingin menentukan bilangan ganjil dan genap. Jika Anda masukkan     bilangan ganjil, Kemudian tekan “Enter” untuk mendapatkan hasil apakah bilang tersebut ganjil     atau genap.      5. Lalu ketik